Senin, 26 September 2011

Tips dan Cara Merawat Kulit Berminyak


Kulit yang bersih,mulus dan sehat merupakan dambaan setiap perempuan. Sebagai aset yang sangat berharga kulit harus dirawat dengan tepat agar hasilnya optimal dan memuaskan. Sebagai langkah awal tentunya anda harus mengenal lebih dahulu jenis kulit anda. Apakah kulit anda termasuk kulit normal,kering ataukah berminyak. Dengan mengetahui jenis kulit anda,maka akan memudahkan anda untuk melakukan perawatan yang sesuai dengan jenis kulit anda sendiri.Mari kita bahas dulu tips-tips untuk merawat kulit berminyak.

Tentang Kulit Berminyak
Sebelum ke pokok masalah cara merawat kulit berminyak, kita harus tahu dulu yang dinamakan kulit berminyak itu yang apa dan bagaimana.
Kulit berminyak ditandai dengan permukaan kulit yang terlihat mengkilat, tebal dan kusam dengan pori-pori kasar. Dan bila hal ini terjadi secara terus menerus tanpa adanya perawatan, maka akan terjadi penumpukan minyak pada pori-pori kulit yang akan menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat.
Faktor yang menyebabkan timbulnya kulit berminyak ada beberapa macam. Faktor utama adalah faktor gen atau keturunan, dan untuk yang satu ini mungkin tidak bisa disembuhkan tapi tetap butuh perawatan.
Faktor pola makan yang tidak seimbang antara gula air dan garam juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kulit berminyak. Untuk yang satu ini anda butuh diet untuk mengatasinya.
Faktor hormon yang tak menentu juga bagian dari timbulnya kulit berminyak. Biasanya terjadi pada masa puber. Remaja yang sedang menginjak dewasa pasti mengalami keadaan hormon yang tak menentu ini. Masalah kulit berminyak yang di sebabkan oleh hormon yang tak menentu ini juga dialami saat Ibu hamil.
Kulit berminyak memang rentan didatangi jerawat, karena minyak pada wajah merupakan perekat yang baik bagi debu dan kotoran. Bila pembersihan wajah kurang sempurna, kotoran dan debu bercampur dengan bakteri sehingga menimbulkan peradangan yang disebut sebagai jerawat. Selain itu, jerawat bisa juga disebabkan oleh pengaruh hormon. Jerawat yang paling ringan adalah jerawat yang berupa komedo.
Biasanya komedo yang terlihat seperti bintik hitam di kulit itu berisi lemak yang bercampur dengan kotoran, sedangkan komedo yang berwarna putih hanya berisi lemak.Bila anda menggunakan riasan wajah, idealnya anda hanya membersihkan wajah setiap 5-6 jam sekali. Selain itu, penggunaan juga berguna untuk membersihkan komedo yang berada di permukaan kulit. Komedo juga bisa diatasi dengan produk perawatan wajah yang mengandung vitamin A. Fungsinya adalah untuk membuka pori-pori sehingga memudahkan komedo untuk keluar dan dibersihkan.Produk perawatan yang mengandung vitamin A ini biasanya terdapat pada krim malam. Selain itu, bentuk cair atau kompres terasa lebih nyaman di wajah karena tidak menyebabkan kulit terlihat berminyak.
Beberapa bahan aktif yang dapat mencegah jerawat seperti sulfur, bisa ditemui dalam bentuk sabun, yang bersifat mengeringkan jerawat. Apabila langkah di atas telah dilakukan secara benar, maka riasan wajah anda akan bertahan dalam jangka waktu yang lama.
Merawat kulit berminyak memang harus dilakukan dengan ekstra hati-hati, Bila anda adalah salah satu dari jutaan orang yang mempunyai kulit berminyak pasti ingin tahu bagaimana cara merawat kulit berminyak dengan benar bukan?
Karena bila perawatan yang anda lakukan tidak benar maka malah akan menimbulkan masalah pada kulit berminyak anda. Dari mulai jerawat, komedo dan kulit menjadi kering tidak merata adalah beberapa akibat dari cara merawat kulit berminyak yang salah.

Cara Merawat Kulit Berminyak
• Secara umum, cara merawat kulit berminyak adalah dengan diet yang tinggi protein dan sedikit gula, cairan dan garam yang memang direkomendasikan oleh dokter bagi siapa saja dengan masalah kulit berminyak.
• Dan tetap, sayuran dan buah-buahan adalah bagian yang tak terpisahkan dari cara merawat kulit berminyak, terutama yang mengandung banyak vitamin B2. Hindari soda, alkohol, gula, coklat dan makanan siap saji lainnya.
• Gunakan sabun dan kosmetik dari bahan alami, seperti minyak zaitun, almond atau alpukat dan jangan menggunakan sabun yang mengandung Alkohol. Menggunakan bahan kosmetik dan sabun dari bahan kimia terutama Alkohol akan mengakibatkan kulit anda alergi, dehidrasi dan juga timbulnya jerawat.
• Jangan menggunakan air panas tapi gunakan air hangat-hangat kuku. Karena bila anda menggunakan air panas untuk membersihkan dan merawat kulit berminyak maka anda akan menghilangkan seluruh minyak yang ada di kulit sehingga kulit kita malah menjadi kering.
• merawat kulit berminyak dengan fokus pada bagian yang berminyak saja, jangan semua bagian kulit yang tidak berminyak ikut-ikutan kita beri perawatan kulit berminyak. Karena hasilnya akan tidak maksimal. Dan jangan terlalu sering membersihkan wajah, cukup 1- 2 kali sehari.
• Cara merawat kulit berminyak dengan memperhatikan kosmetik yang kita gunakan. Gunakan pembersih wajah dengan PH seimbang. Bila berpergian gunakan tisu penyerap kulit berminyak. Gunakan pelembab hanya pada bagian wajah anda yang berminyak. Produk kosmetik ini harus anda konsultasikan dengan dokter atau konsultan kecantikan untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kulit berminyak anda.

Semoga dengan beberapa tips dan cara seperti yang telah diuraikan di atas anda akan semakin mudah menerapkan perawatan yang tepat bagi kulit anda. Dan hasil yang didapatpun akan maksimal sesuai keinginan anda. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar